Tutorial Cara Membuat QR Code dengan PHP

Tutorial Cara Membuat QR Code dengan PHP, halo teman-teman semua, berjumpa kembali dengan saya yang pada kesempatan kali ini kita akan belajar membuat QR Code online dengan bantuan PHP dan Google Api.

Nah, lebih kerennya lagi nanti setelah dibuat maka hasilnya dapat dengan mudah untuk discan atau dipindai dengan kamera ponsel pintar Anda untuk berbagai keperluan. Jika Anda memindai QR Code di atas maka akan diarahkan ke halaman beranda blog ini.

Sekilas Tentang QR Code

QR Code (Quick Response Code) adalah jenis kode matriks dua dimensi yang menyimpan informasi dalam bentuk pola persegi hitam dan putih. QR Code dikembangkan oleh perusahaan Jepang, Denso Wave, pada tahun 1994 dan sejak itu telah menjadi populer sebagai alat untuk menyimpan dan membaca informasi dengan cepat.

QR Code memiliki kemampuan untuk menyimpan berbagai jenis data, termasuk teks, URL, nomor telepon, alamat email, kartu nama, dan informasi kontak lainnya. Keunikan utama dari QR Code adalah kemampuannya untuk menyimpan data dalam bentuk dua dimensi, yang memungkinkan mereka menyimpan lebih banyak informasi dibandingkan dengan kode batang tradisional yang hanya memiliki dimensi linear.

Pengguna dapat membaca QR Code dengan menggunakan perangkat ponsel cerdas atau tablet yang dilengkapi dengan kamera dan aplikasi pemindai QR Code. Aplikasi ini akan membaca pola pada QR Code dan mengartikan informasi yang disimpan di dalamnya.

QR Code sering digunakan dalam berbagai konteks, seperti pemasaran, pembayaran digital, logistik, manajemen inventaris, dan masih banyak lagi, karena kemudahan penggunaannya dan kapasitas penyimpanan informasi yang besar dalam ukuran yang relatif kecil.

Cara Membuat QR Code dengan PHP

Setelah sekilas membaca mengenai pengertian QR Code, berikut ini telah saya siapkan tutorial cara membuat QR Code dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan Google API. Sebelum lanjut, silahkan buat file baru dengan nama apa saja dan dalam tutorial ini saya buat dengan nama qr.php.

Kemudian, apabila file sudah dibuat maka copy dan pastekan potongan kode PHP dalam bentuk function generateQR() berikut ke dalam file yang telah Anda buat sebelumnya.

<?php
function generateQR(string $dir = 'images/', int $width, int $height, string $content, string $filename = ''): string {
  $api = file_get_contents('https://chart.googleapis.com/chart?cht=qr&chs='.$width.'x'.$height.'&chl='.trim(urlencode($content)).'&choe=UTF-8&chld=L|0');
  if(!empty($dir)) {
    if(!is_dir($dir)) {
      mkdir($dir);
    }
  }
  if($api) {
    $filename = $dir.(!empty($filename) ? $filename : rand()).'.png';
    if(file_put_contents($filename, $api)) {
      return $filename;
    }
  }
}
?>

Seperti yang terlihat, function pada potongan kode PHP untuk membuat QR Code di atas memiliki 5 parameter yang mana 2 di antaranya bersifat opsional untuk diisi atau tidaknya.

  • Parameter $dir, bersifat opsional yang digunakan untuk destinasi file QR Code hasil generate yang akan ditempatkan. Defaultnya adalah direktori /images yang secara otomatis akan dibuat.
  • Parameter $width, digunakan untuk mengatur lebar QR Code yang akan digenerate.
  • Parameter $height, digunakan untuk mengatur tinggi QR Code yang akan digenerate.
  • Parameter $content, digunakan untuk menampung konten yang akan dimasukkan ke dalam QR Code.
  • Parameter $filename, bersifat opsional yang digunakan untuk memberikan nama pada file QR Code yang telah digenerate dan akan ditampung ke dalam direktori tujuan.

Khusus pada parameter $content, Anda dapat mengisinya dengan konten apapun seperti email, nomor telepon, URL dan lain sebagainya.

Cara Penggunaan Function generateQR()

Berikut adalah cara penggunaan dari function generateQR() yang telah kita buat sebelumnya. Silahkan buat file baru dengan nama apa saja, misal index.php lalu masukkan kode berikut ke dalamnya.

<?php
require_once 'qr.php';
if(generateQR('images/', 350, 350, 'https://www.afidarifin.id')) {
  echo 'QR Code berhasil dibuat!';
}
?>

Jika kode di atas dijalankan maka secara otomatis direktori /images akan muncul dan di dalamnya terdapat QR Code dengan ukuran 350×350 yang berisi URL blog ini. Sebagai contoh, Anda dapat memindai QR Code berikut.

Tutorial Cara Membuat QR Code dengan PHP

Penutup

Demikian artikel pada kesempatan kali ini mengenai tutorial cara membuat QR Code dengan PHP dan Google Api. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba, sekian terima kasih.

Bagikan Ke

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *