Inilah 5 Kelebihan dan Kekurangan WordPress Self Hosted yang Perlu Diketahui

5 Kelebihan dan Kekurangan WordPress Self Hosted -Seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa WordPress memiliki dua jenis yang berbeda yaitu WordPress Hosted dan WordPress Self Hosted yang tentu saja keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Namun, pada kesempatan ini saya akan membahas mengenai kelebihan dan kekurangan WordPress Self Hosted saja.

Jika Anda ingin serius membangun blog atau website, menggunakan WordPress.org (Self Hosted) merupakan pilihan yang tepat. Mengapa? Karena ibarat rumah, kita bebas mau melakukan apapun selagi tidak melanggar aturan dari hosting dan domain yang kita gunakan. Lalu apa saja sih kelebihan dan kekurangan WordPress Self Hosted? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Apa Itu WordPress Self Hosted?

Sebelum kita berbicara mengenai kelebihan dan kekurangan WordPress Self Hosted, terlebih dahulu kita akan membahas mengenai apa yang dimaksud dengan self hosted WordPress. Mengapa? karena WordPress itu terdiri dari dua jenis yaitu WordPress.com (Hosted) dan WordPress.org (Self Hosted) yang tentu saja berbeda.

Sesuai dengan namanya, WordPress.org adalah versi WordPress yang diinstal pada hosting Anda sendiri, berbeda dengan versi WordPress yang dihosting di WordPress.com. Dengan menggunakan WordPress.org, Anda memiliki kontrol penuh atas situs web yang dibangun dan dapat menyesuaikannya sesuai kebutuhan.

Untuk menggunakannya, sudah pasti Anda harus memiliki hosting dan domain. Bagi Anda yang masih pemula terhadap hosting dan domain, Anda dapat membaca artikel tentang jenis hosting dan domain pada artikel sebelumnya.

5 Kelebihan dan Kekurangan WordPress Self Hosted

Setelah Anda mengetahui sekilas tentang WordPress.org (Self Hosted), selanjutnya kita akan membahas mengenai apa saja kelebihan dan kekurangannya berikut ini.

Kelebihan WordPress Self Hosted

Ada beberapa kelebihan yang bisa Anda dapatkan ketika menggunakan WordPress.org yang di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Kontrol Penuh

Ketika Anda menggunakan WordPress Self Hosted, tentu saja Anda memiliki kontrol penuh terhadap data konten. Sehingga mau Anda buat blog, toko online, dan sebagainya tidak terikat dengan aturan atau batasan yang diberlakukan oleh penyedia hosting pihak ketiga seperti WordPress.com.

2. Lebih Profesional

Jika Anda ingin membangun website untuk tujuan penjualan dan branding bisnis Anda maka pilihan tepat jika mesin website dibangun dengan WordPress.org. Dengan kemudahan kustomisasi, menjadikannya terlihat lebih profesional dibandingan menggunakan versi WordPress.com atau Blogger.

3. WordPress.org Gratis Digunakan

Menggunakan WordPress Self Hosted tidak memerlukan biaya lisensi atau langganan apapun sehingga bebas untuk digunakan. Hal ini dikarenakan memang WordPress.org bersifat open source. Meskipun demikian, Anda tetap mengeluarkan biaya tahunan untuk hosting dan domain yang digunakan.

4. Komunitas yang Besar

WordPress memiliki komunitas yang besar dan cukup aktif. Bahkan di Indonesia sering kali ada event-event terkait WordPress yang bisa kita ikuti. Sehingga bagi Anda yang masih pemula tidak perlu khawatir, karena bisa dengan mudah menemukan tutorial, forum, dan dukungan untuk hampir semua masalah yang mungkin Anda hadapi.

5. Mudah Digunakan

WordPress Self Hosted tampilan yang user friendly sehingga sangat mudah digunakan dan dioperasikan oleh pemula sekalipun. Dengan dukungan komunitas yang besar dan aktif, banyak sekali tutorial WordPress yang bisa kita dapatkan secara gratis.

Kekurangan WordPress Self Hosted

Setelah kita bahas kelebihan WordPress Self Hosted, selanjutnya kita akan bahas hal apa saja yang menjadi kekurangan dan WordPress.org (Self Hosted) berikut ini.

1. Biaya

Meskipun WordPress Self Hosted gratis digunakan, kita tetap harus untuk mengeluarkan biaya lebih untuk sewa hosting, domain atau biaya lisensi tema dan plugin premium yang digunakan. Biaya-biaya ini bisa bertambah dan membengkak tergantung pada kebutuhan dan skala situs Anda.

2. Pemeliharaan dan Keamanan

Jika Anda menggunakan WordPress.com atau Blogger, kita tidak perlu khawatir dan repot untuk pemeliharaan dan keamanan. Hal ini berbeda dengan WordPress.org, Anda bertanggung jawab atas pemeliharaan dan keamanan situs web Anda. Ini termasuk memperbarui WordPress, tema, dan plugin secara teratur, serta menangani backup dan langkah-langkah keamanan.

3. Memiliki Pengetahuan Teknis

Agar dalam mengoperasikan WordPress Self Hosted memiliki pengalaman yang baik, setidaknya Anda harus memiliki pengetahuan teknis terkait hosting dan domain, menginstall SSL untuk keamanan dan menginstall WordPress secara mandiri serta berbagai hal teknis lainnya yang terkait.

4. Sasaran Hacker

Masih terkait dengan poin sebelumnya, WordPress Self Hosted sangat rentan terhadap serangan hacker. Oleh sebab itu, memiliki pengetahuan teknis tentu saja dapat meminimalisir serangan hacker tersebut dengan beberapa cara seperti menginstall plugin keamanan atau memasang firewall di sisi hosting yang kita gunakan.

5. Kinerja yang Tidak Optimal

WordPress Self Hosted memiliki kinerja yang kurang optimal pada beberapa penyedia hosting yang mungkin tidak menawarkan sumber daya server yang memadai. Hal ini dapat menyebabkan kinerja situs web yang menjadi lambat, oleh karena itu pastikan Anda menggunakan hosting dengan kualitas tinggi menjadi pilihan tepat.

Penutup

Platform blog atau web apapun masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya, tanpa terkecuali dengan WordPress Self Hosted. Meskipun demikian, WordPress.org tetap menjadi platform populer yang banyak digunakan di dunia termasuk blog pribadi saya ini.

Dengan mempertimbangkan semua kekurangan ini, penting untuk menilai apakah Anda atau tim Anda memiliki sumber daya dan kemampuan untuk mengelola situs web WordPress Self Hosted dengan efektif. Demikian artikel pada kesempatan kali ini, sekian dari saya dan semoga bermanfaat.

Bagikan Ke

2 Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *